Cara Upload Aplikasi Android ke Playstore

Cara Upload Aplikasi Android ke Playstore

Bagaimana cara upload aplikasi android ke playstore? Pertanyaan ini sering muncul bagi para developer pemula. Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh perangkat mobile dan smartphone. Developer tidak hanya berasal dari perusahaan besar, tetapi juga individu. Anda ingin aplikasi yang telah dibuat diunduh dan digunakan banyak orang. Keunggulan playstore adalah legitimasi jika aplikasi aman dan berkualitas. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan cara untuk mengupload aplikasi berbasis android ke playstore.


1. Akun developer
Anda adalah developer, jadi milikilah akun khusus untuk developer android. Sebagaimana yang telah diketahui, Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan Google jadi akun anda juga berbasis Google. Yang perlu diperhatikan adalah akun developer tidak gratis. Pengguna diharuskan membayar melalui credit card. Tentu saja, hal ini untuk menjaga kualitas dan kenyamanan pengguna. Bisa dibayangkan jika playstore berisi aplikasi gratis yang diupload developer tidak berintegritas. Tujuan pembuatan playstore oleh Google adalah untuk menjamin aplikasi bebas dari virus dan malware. Inilah hal pertama ketika membahas cara upload aplikasi android ke playstore.

2. Screenshot, icon, dan lainnya
Membuat akun developer saja belum cukup. Bersikaplah seperti profesional dengan menyediakan fitur-fitur menunjang. Yang pertama adalah screenshot. Sediakan dua gambar yang jelas. Jika anda berkunjung ke playstore dan ingin menginstall aplikasi, hal pertama yang dilihat adalah bagaimana tampilan aplikasi di smartphone. Screenshot harus berisi homepage dan bagian esential lain. Selanjutnya adalah ikon. Inilah hal penting yang tidak dapat ditawar lagi. Anda mengetahui logo google dari ikon yang unik dan berbeda dari yang lain. Ikon membedakan antara satu aplikasi dengan lainnya. Buatlan ikon yang yang sederhana tetapi beresolusi tinggi. Pastikan ikon tersebut mudah dikenali. Screenshot dan icon belum cukup karena butuh fitur lain. Anda membutuhkan promotional graphic atau lebih dikenal sebagai banner iklan. Untuk mempromosikan aplikasi yang telah dibuat, banner inilah yang digunakan sebagai promosi agar pengguna menginstall aplikasi tersebut. Terakhir adalah video. Tentu saja, hal ini disesuaikan dengan kemampuan developer serta aplikasi yang dibuat. Untuk, game, video diharuskan. Semuanya termasuk dalam cara upload aplikasi android ke playstore.

3. Kelengkapan informasi
Ketika konten siap dengan fitur penunjang, masih ada beberapa bagian yang harus ditambahkan. Sertakan deskripsi mengenai aplikasi tersebut. Fitur apa yang menjadi keunggulan dibanding dengan kompetitor. Pastikan semua yang Anda sampaikan sesuai dengan kenyataan. Pengguna akan merasa terbantu karena tidak perlu menginstall terlebih dahulu untuk memastikan fitur-fitur lainnya. Informasi juga mencakup developer dan pengembangan dari aplikasi tersebut. Jika yang diupload adalah aplikasi versi baru, Anda harus menyertakan fitur atau keunggulan lain dibanding versi sebelumnya. Semua telah siap dan proses terakhir adalah upload. Dari semua proses dan cara upload aplikasi android ke playstore, hal terakhir sangat sederhana tapi krusial.

Terkait
Cara Menjadi Android Programmer Otodidak

Cara Menjadi Android Programmer Otodidak

17 November 2016, 22:12:24, 231 Views