Jenis-Jenis Desain Grafis Berdasarkan Media

Jenis-Jenis Desain Grafis Berdasarkan Media

Desian grafis memang istilah yang cukup susah untuk didefinisikan. Namun untuk membuatnya lebih sederhana, Anda dapat mengartikannya sebagai teknik visualisasi yang mengubah hal abstrak atau ide ke bentuk nyata. Perlu diingat, bentuk nyata tidak selalu dapat disentuh, tetapi mampu ditangkap oleh indera mata. Grafis berkaitan dengan penglihatan jadi dimensi dua juga bagian dari grafis. Jenis-jenis desain grafis terdiri dari banyak macam dan tidak ada pengelompokkan yang pasti. Agar lebih mudah, Anda dapat berpedoman pada media yang digunakan untuk menampilkan hasil dari desainer.

1. Art, logo, fashion
Pernah melihat penampilan model di catwalk dengan baju-baju yang menarik. Fashion designer adalah bagian dari desan grafis. Selain itu banyak desain-desain logo atau brand untuk keperluan pemasaran atau event. Artwork juga sering ditemukan untuk sampul majalah, poster pertunjukkan, atau flyer di pinggir jalan. Jangan lupa dengan banner atau papan pengumuman. Semuanya dapat dimasukkan dalam satu kelompok ketika membahas jenis-jenis desain grafis. Untuk mendesain sebuah logo, para creator menggunakan teknologi komputer. Hasilnya adalah sebuah grafis yang dapat diimplementasikan ke bentuk nyata. Desain kaos dikamputer dapat dicetak langsung. Sablon juga menggunakan desain grafis untuk membuat pola. Desainer membuat gambar sebuah pakaian yang siap untuk dijahit. Logo grup musik dicetak untuk sebuah pementasan. Begitu juga dengan majalah, buku, dan sebagainya. Semuanya adalah desain grafis yang berkaitan dengan bentuk digital yang diimplementasikan di kehidupan nyata.

2. Animasi dan film
Film dan animasi sudah bukan hal yang asing lagi bagi Anda. Keduanya berada satu kelompok ketika membahas tentang jenis-jenis desain grafis. Gambar digital bergerak lebih bersifat atraktif dibanding dengan statis. Desain grafis tidak selalu membahas hal-hal monoton. Sineas atau sutradara merupakan creator yang berkecimpung di bidang gambar bergerak. Animasi mengarah kepada gambar non real sedangkan film merupakan rekaman dari sebuah camera. Video juga bagian dari kelompok ini. Orang-orang berkecimpung di bidang ini sangat banyak. Mereka ada sebagai editor, ahli efek khusus, dan sebagainya. Animasi juga dikelompokkan menjadi dua dan tiga dimensi. CGI atau dikenal sebagai computer generated image adalah salah satu bidang berkaitan dengan desain grafis.

3. Game developer
Mengapa game developer dipisahkan dari film dan animasi? Game menggunakan grafis-grafis yang canggih serta efek berteknologi tinggi untuk menarik para gamer. Perbedaan antara game developer dan film adalah konten akhirnya. Dua kelompok sebelumnya adalah desain grafis yang bersifat statis. Mereka yang menikmati konten tersebut tidak dapat ikut dalam penentuan hasil akhir. Sebaliknya, Anda harus menyelesaikan sebuah task atau quest untuk menuju level lebih tinggi di sebuah game. Selain itu, para desainer game juga berkolaborasi dengan ahli coding. Oleh karena itu, game developer merupakan bagian dari jenis-jenis desain grafis yang lebih kompleks dibanding dengan yang lain.

Terkait
Ciri-Ciri Desainer Grafis Yang Berkualitas

Ciri-Ciri Desainer Grafis Yang Berkualitas

17 October 2017, 11:21:41, 132 Views

Desain Grafis Kebutuhan Kerja Sehari Hari Pekerjaan

Desain Grafis Kebutuhan Kerja Sehari Hari Pekerjaan

13 July 2017, 16:35:07, 181 Views

5 Manfaat Menggunakan Jasa Desain Grafis

5 Manfaat Menggunakan Jasa Desain Grafis

05 July 2017, 12:33:29, 165 Views